Rabu, 03 Februari 2010

Tentang Desa Kami ( Tanjung Mekar )

Desa Tanjung Mekar Kecamatan Sambas memiliki wilayah Desa seluas 360 Ha yang terdiri dari 35 Ha lahan pertanian tanaman padi, 19 Ha Perumahan/pekarangan, 147 Ha tanah perkebunan rakyat dan  159 Ha semak belukar.

Adapun batas –batas Desa adalah sebagai berikut :
Sebelah Utara dengan Desa Sebayan
Sebelah Selatan dengan Sungai Sambas
Sebelah Barat dengan Desa  Tumok Manggis
Sebelah Timur dengan Sungai Sambas

 Penduduk Desa Tanjung Mekar berjumlah 1.491 jiwa yang terdiri dari laki-laki 744 jiwa, perempuan 747 jiwa atau terdiri dari 386  Kepala Keluarga. Penduduk yang lahir tahun 2009 adalah 20 orang, meninggal 10 orang, datang 35 orang, pindah 27 orang. Untuk Mata Pencaharian masyarakat Desa Tanjung Mekar terdiri dari petani 46 orang, pedagang 39 orang, PNS/TNI/POLRI 149 orang.

 Luasnnya wilayah dan besarnya jumlah penduduk Desa Tanjung Mekar, merupakan salah satu faktor pendukung dan potensi dalam melaksanakan Otonomi Desa.  Di samping itu, yang tak kalah pentingnya adalah tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi dalam membangun Desa merupakan faktor yang paling utama dalam memajukan Desa.

    Aparat Desa di Kantor Desa Tanjung Mekar terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kepala Urusan Pemerintahan, Kepala Urusan Pembangunan dan Kepala Urusan Umum.  Ada 3 ( tiga ) Kepala Dusun yakni Kepala Dusun Tanjung Rengas, Kepala Dusun Tanjung Mentawa dan Kepala Dusun Keranji.  Dusun Tanjung Rengas terdiri dari 2 Rukun Tetangga dan 1 Rukun Warga, Dusun Tanjung Mentawa terdiri dari 3
Rukun Tetangga dan 1 Rukun Warga dan Dusun Keranji yang terdiri dari 2 Rukun Tetangga dan 1 Rukun Warga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar